Selasa, 25 Januari 2011

bahaya di balik nikmatnya teh

Bahaya Di BalikNikmatnyaTeh
BAGI andapenikmatteh u atauteh yang di seduh di poci,mulaikiniharusberhati-hati.pasalnya,Kemungkinandariteh yang andaminumtersebut,bisamengakibatkankanker,ataumemberikangenerasi yang cacatpadaketurunananda.
Hal itu di kemukakanmantanMenteriKehutanan RI Ir.HasjrulHarahap MM. saatmempertahankan di sertasinya yang berjudul “PengaruhPencemaranTimbaldariKendaraanBermotordan Tanah terhadapTanamandanMutuTeh”,diGedungRektorat Lt.6,Kampus IPB Bogor ,belum lama ini.
Untuk di sertasinyaHasjrulHarahapmelakukanpenelitiandanpengambilan data di tigaperkebunanteh di Indonesia,yaituperkebunantehGunung Mas (Kabupaten Bogor),Perkebunan teh Malabar(Kab Bandung).
Pengaruhpencemaranimbalbalikmenjadiperhatiannya ,mengingat rata-rata perkebunanteh di Indonesia banyak di tanam di kiri-kananjalanraya yang ramai di laluikendaraanbermotor . “ Timbaltermasuklogamberatdanbanyak di hasilkanasapkendaraanbermotor .tercatat 88 persen total timbal yang di emisikankeudaraberasaldariasapsisapembakarankendaraanbermotor,”jelasnya , di hadapanparapengujidanhadirin yang memenuhiruangantersebut ..
Logamberatmerupakan unsure pencemar yang sangatberbahaya,karenadapatmerusakkesehatanmanusia .”Hal itukarenaunsur-unsurlogamberatmemilikiafinitas yang sangatbesarterhadapsenyawabelerang,yangbanyak di kandungdalanenzim . Akibatnya ,enzimmenjaditidakstabil ,dankehilanganfungsinya . “paparHasjrul.
Udarasebagai media pencemaran ,katnya ,dapatberfungsisebagaiperantaradalampenyebarantanaman yang ada di sekitarudaratercemar ,ttermasukteh.Darihasilpenelitiannyapadatahun 2000,Hasjrul mendapatkanbahwasemakinjauhtanaman the daripencemaranudara ,makakadartimbal yang terdapat di tanamantehmakinkecil.
“Hal itu di buktikanmelaluianalisispucukinduk ,pucukkeringdanpucukbubuk ,denganperbedaanjaraktanamandarijalan yang padatdilaluikendaraan ,”ulasHasjru”.Timbal yang melayang di udara ,masukketanamantehmelalui stomata padadaun ,danpenyerapandaritanaholehakar .Tinggirendahnyatingkatkandungantimbaldalamteh di pengaruhibeberapahal ,sepertilokasiperkebunan ,pengaruhangin ,pengaruhaliranpermukaan ,sertapengaruhkeramaiankendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar